Rabu, 30 Oktober 2019

5 STRATEGI DASAR PENDIDIKAN NONFORMAL

V
Dengan melebarnya pelaksanaan Pendidikan nonformal sesuai dengan kondisi dan konsep belajar Pendidikan non formal serta menjaga mutu dan sensitivitas Pendidikan nonformal di tengah-tengah masyarakat, maka lima strategi dasar yang perlu di kembangkan adalah:
1.      Pendekatan kemanusiaan (humanistic approach)
Masyarakat dipandang sebagai subjek pembangunan. Masyarakat diakui memiliki potensi untuk berkembang dan sedemikian rupa ditumbuhkan agar mampu membangun dirinya.
2.      Pendekatan partisipatif (participatory approach)
Mengandung arti, bahwa masyarakat, lembaga-lembaga terkait, dan/atau komunitas dilibatkan dalam pengelolaan dan pelaksanaan pembangunan masyarakat.
3.      Pendekatan kolaboratif (collaborative approach)
Dalam pembangunan masyarakat perlu adanya kerjasama dengan pihak lain (terintegrasi), terkoordinasi dan sinergi.
4.      Pendekatan berkelanjutan ( continuation approach)
Pembangunan masyarakat dilakukan secara berkesinambungan, untuk itulah pembinaan kader yang berasal dari masyarakat adalah hal yang paling cocok.
5.      Pendekatan budaya (cultural approach)
Penghargaan budaya dan kebiasaan, adat istiadat yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat dalam pembangunan masyarakat adalah hal yang perlu diperhatikan. (djuju Sudjana,2000)

Dengan kelima strategi tersebut, maka Pendidikan nonformal seperti apa yang dibutuhkan masyarakat dalam arti program Pendidikan non formal yang mampu menyentuh dan mengangkat masyarakat menjadi lebih baik dalam kehidupannya (better living) yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan (ekonomi), kesadaran akan lingkungan sosialnya, atau masyarakat yang mengerti dan memahami bagaimana membangun dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar